Oleh: Muryan Awaludin
HSV (Hue Saturation Value) merupakan salah satu ruang warna yang digunakan manusia dalam memilih warna cat atau tinta :). Sistem ini dipandang lebih dekat dibandingakan dengan RGB dalam mendeskripsikan sensasi warna oleh mata manusia. Dalam terminologi para seniman HSV berkaitan dengan tint, shade, dan tone. Lihat ruang warna HSV dibawah:
Representasi Ruang Warna HSV |
Hue didefinisikan sebagai nilai-ilai pecahan disekitar lingkaran dimulai dari red, yang memiliki hue bernilai nol.
Warna | Hue |
---|---|
Red | 0 |
Red | 0 |
Yelow | 0.1667 |
Green | 0.3333 |
Cyan | 0.5 |
Blue | 0.6667 |
Magenta | 0.8333 |
Yang dinormalisasi dengan 255 terlebih dahulu. Kemudian dapat didefinisikan:
Untuk mendapatkan nilai hue, perhatikan tiga kasus berikut:
Misalnya diberikan (R,G,B)=(0.2, 0.4, 0.6), dimiliki
Karena B = V, memiliki
Konversi ini diimplementasikan dalam MATLAB menggunakan fungsi rgb2hsv. Fungsi ini tentunya didesain untuk suatu array berukuran m x n x 3, tetapi dalam kasus ini hanya diinginkan untuk membuktikan hasil hitungan di atas saja:
rbg2hsv ([0.2 0.4 0.6])
ans=
0.5833 0.6667 0.6000
H' = [6H]
F = 6H - H'
P = V(1 - S)
Q = V(1 - SF)
T = V(1 - S(1-F))
Karena H' adalah suatu integer antara 0 sampai 5, maka ada enam kasus yang perlu diperhatikan:
Kemudian nilai-nilai HSV yang telah dihitung di atas dipakai untuk menghitung:
H' = [6(0.58333)]=3
F = 6(0.58333)-3=0.5
P = 0.6(1-0.6667)=0.2
Q = 0.6(1-(0.58333)(0.5))=0.4
T = 0.6(1-58333)(1-0.5))=0.4
Karena H' = 3, maka dimiliki
(R, G, B) = (P, Q, V) = (0.2, 0.4, 0.6)
0 komentar:
Post a Comment
Terimakasih atas komentar atau sarannya...