Public Speaking Is Easy

Saturday 16 January 2021

Kapan pertama kali Anda tampil didepan umum? Apa yang Anda rasakan saat itu? Galau, Grogi, Gelisah? Ya..Semua orang saya yakin pernah merasakannya. Saya sendiri pertama kali tampil didepan umum pada waktu Sekolah Dasar (SD) menjadi pembaca naskah undang-undang dasar 1945. Saat itu, keringat dingin keluar dan badan terasa gemetar.

Terus terang pandangan saya tidak menghadap langsung kepada orang yang ada di depan saya. Saya pikir saya adalah orang yang paling takut berbicara atau tampil di depan orang banyak, tetapi saya sadar semua orang juga pernah merasakan hal yang sama. Hanya saja, jangan hal tersebut membuat Anda mengatakan bahwa Anda tidak akan bisa berbicara di depan umum. Rasa grogi dan gelisah saat pertama kali tampil merupakan hal yang wajar, keadaan tersebut akan berubah seiring Anda belajar dan mencoba terus menerus.

Rasa takut merupakan satu tantangan yang besar bagi orang yang akan menjadi public speaking, baik itu menjadi seorang MC, orator, pembicara, ataupun sebagai penyiar radio. Rasa cemas, takut memang pernah dialami oleh siapa saja, bahkan kepada orang yang sudah profesional sekalipun.

Ketakutan merupakan reaksi spontan dari tekanan luar dan dalam diri yang dialami seseorang untuk menghasilkan kemampuan yang lebih maksimal dari talenta seseorang yang cinderung terpendam. Dengan adanya rasa takut, maka Anda akan semakin aktif dan kreatif dalam melakukan sesuatu dalam situasi yang terdesak tersebut.

Ada beberapa cara mengendalikan rasa takut dan kecemasan saat berbicara di depan umum.

1. Yakinlah diri Anda pasti bisa melakukannya

2. Ingatlah dan ucapkan kata-kata positif yang akan memicu Anda menjadi percaya diri (PD)

3. Hilangkan pikiran negatif yang hanya akan membuat Anda semakin cemas

No
Pikiran Negatif
Pikiran Positif
1
Saya akan gagal Saya akan berhasil
2
Saya akaan lupa sesuatu Saya menguasai topik yang saya bawakan. Saya mampu mengingat topik umum pembicaraan saya
3
Audiensi akan membenci saya Audiensi menginginkan saya berhasil. Audiensi menantikan kejutan dari saya dan mendukung saya
4
Saya benar-benar gugup Akan saya gunakan andrenalin yang mengalir dalam tubuh untuk mendorong semangat ssaya
5
Audiensi tidak akan menikmati presentasi saya Pata Audiensi saya akan menyamankan posisi duduknya untuk menantikan kata-kata saya

Dengan berfikir positif tersebut, Anda telah menambah keyakinan Anda bahwa Anda pasti bisa melakukannya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi diri saya dan orang lain...

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar atau sarannya...

 
Muryan Awaludin © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting | Developer by Muryan Awaludin