Alasan Memilih Blogspot

Thursday 10 December 2015

Sumber gambar dari: www.joienegru.ro
Weblog atau yang biasa disebut blog merupakan bentuk sederhana dari publikasi web yang memungkinkan siapapun bisa mengakses dari komputer dengan koneksi internet untuk mengirim konten online (David Gurzick dan Wayne G. Lutters, 2006). Dipacu oleh semakin berkembangnya teknologi informasi dan berbagai media, fenomena blogging berkembang pesat dalam popularitas.

Pada tahun 2006, tepatnya awal saya mulai masuk kuliah strata satu (S1) di Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika (STIKOM CKI), timbul ketertarikan saya di dunia blogging. Mulai sejak itu, saya mulai berfikir untuk kepo untuk mempelajarinya.

Ada banyak platform blog yang saya lihat diantaranya wordpress, blogger, joomla, drupal, wix, tumblr, squarespace dan masih banyak lagi. Akan tetapi saya hanya mencoba beberapa platform seperti wordpress, blogger, joomla dan drupal. Dari ke empat platform tersebut, setelah setahun lamanya PeDeKaTe tepatnya pada tahun 2007 bulan februari, kebetulan iseng browsing dan baca tulisannya Eli james, hati ternyata kesengsem dengan wordpress dan blogger :).

Ternyata sampai sekarang pun, ke dua platform tersebut selalu menempatkan dirinya pada urutan 3 teratas, baca di http://www.dearblogger.org/blogger-or-wordpress-better. Saya yakin, disetiap platform tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, disini saya tidak membahas detil kelebihan dan kekurangan platform tersebut, karena hal tersebut bukan bagian saya hehehe... sudah ada teman-teman blogger kelas "kakap" :) lain seperti  Syed Balkhi merupakan seorang entrepreneur/speaker dan founder of WPBeginner yang menulis di blognya tentang "WordPress vs. Blogger – Which one is Better? (Pros and Cons)" dan Marco Saric yang menulis di blognya tentang "Blogger Vs WordPress Comparison: Which One Should I Use?" dan masih banyak lagi yang satu per satu saya tidak bisa menyebut namanya, namun tidak mengurangi rasa hormat saya kepada beliau semua..hehee :D.

Dari beberapa referensi diatas, saya memutuskan untuk mempersunting keduanya (wordpress dan blogspot). Menggunakan wordpress ketika ada jobs membuat website baik untuk personal, company, goverment etc :). Menggunakan blogspot buat situs pribadi saja, sebelumnya saya pernah menggunakan web berdomain komersial. Syukur alhamdulillah, banyak respon positif dari teman-teman saya, khususnya dari sahabatku Mahrizal yang menyarankan untuk ganti domain blogpsot saja dengan alasan karena mengelola sendiri, agar masa "expired" lama, bahkan bisa selamaya walau pengguna sudah mempunyai gelar "alm" alias Almarhum :). Karena jika menggunakan domain lain (.com, .net dsb) itu ada limitasinya paling 1-2 tahun habis (harus perpanjang lagi). Kalau pengguna sudah dapat gelar "alm", maka website hanya berumur 1-2 tahun dan tulisannya pun akan sirna (kalau tidak ada penerus yang mengelola) ;).

Oleh sebab itu, dari ulasan diatas saya memutuskan untuk menggunakan "blogspot" sebagai domain situs pribadi.. :D :D :D 


Referensi:

David Gurzick dan Wayne G. Lutters, From the personal to the profound: understanding the blog life cycle, 2006
Greng Narayan, THE Best Places to Start a Blog (Updated 2015 Edition), 2015 
Syed Balkhi, WordPress vs. Blogger – Which one is Better? (Pros and Cons), 2015
Marco Saric, Blogger Vs WordPress Comparison: Which One Should I Use?, 2015

 

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas komentar atau sarannya...

 
Muryan Awaludin © 2012 | Designed by Bubble Shooter, in collaboration with Reseller Hosting | Developer by Muryan Awaludin